Rabu, Desember 26, 2007

Tiramisu,, Humm,, Yummie,,,


Huummm,, yummieee,,,


Pernah dengar sama yang namanya Tiramisu??

Pastinya sering,,


klo makan tiramisu??

Gw Yakin jg udah pada pernah,,


Itu lowh,, kue yang di buat dari kuning telur yang di campur dengan gula dan Essens Vanilla dan di Tim dan di aduk di atas panci yang airnya sudah mendidih,,lalu di campur dengan keju Mascarpone yang telah di aduk dengan Double Cream kental dan Zabaglione, lalu di tuangkan di atas Lady Fingers yang telah di celupkan ke kopi yg di campur dengan Rum dan gula selama 2 detik dengan taburan coklat di atasnya?? (Deuhh,,jd laper,,)

Tapi pernah kepikiran ga dari mana asal Tiramisu itu sendiri? Atau karena terbuai dengan rasanya jd males mikir apa2,,(biasanya siyh,,)

Well,,

"Di perbudak" oleh salah satu sifat gw yang mengesalkan, yaitu rasa penasaran tentang bagaimana segala sesuatunya bermula, akhirnya gw pun penasaran tentang si kue yang super duper wuueenak ini,, Dan setelah beberapa jam mencari dengan beberapa botol air mineral terhabisi, akhirnya ketemu,, Asal Muasal Tiramisu,, hahahahaha,,,



Ceritanya begini,,

Bermula pada abad ke-17,

Tepatnya di Itali,,

Dulu, Awalnya siyh, Tiramisu dibuat untuk menghormati kedatangan seorang bangsawan Italia yaitu Grand Duke Cosimo de’ Medici III (1642-1723), pada sebuah pertemuan yang di adakan di Siena, provinsi Tuscany Italia bagian barat. Nah, si Duke ini niyh sebenarnya tipe seorang yang tukang makan, tapi tukang masak juga (jadi balance). Karena kesukaanya akan masak-memasak dan kue Tiramisu yang dia makan di pertemuan tersebut, akhirnya dia pun membawa resep kue tersebut pulang kerumahnya di Florence. Saking sukanya (caaaakk,,SAKING,,bahasa mana tuh!), sama makanan tersebut, dia pun menamakan makanan tersebut dengan sebutan Zuppa del Duca atau dalam bahasa Indonesianya “sup nya si Duke”.

Nah, karena si Grand Duke Cosimo de’ Medici III adalah seorang bangsawan, jadi Doi Hang Out nya barengan sama sebangsanya jg dunk. Klo lg ngumpul-ngumpul gitu (klo zaman kita-kita "dugem"), si Duke sering ngasih kue bikinannya ke temen-temenya, yang kebanyakan bangsawan dan seniman yang berasal dari Inggris. Lama kelamaan, kue yang sudah familiar ma bangsawan Inggris niyh, akhirnya kebawa ke Inggris bersamaan dengan bangsawan-bangsawan yang pulang ke tanah airnya (istilahnya pulkam gitu dhe,,).

Di inggris pun kue Tiramisu ini sangat terkenal karena banyak di gemari oleh orang-orang sana, karena sudah sangat melekat di lidah orang-orang inggris sana, sampai-sampai orang-orang inggris menamakan kue tersebut dengan sebutan Zuppa Inglese atau dalam bhs Indonesianya "sup nya orang-orang Inggris" (aneh yah,,padahal kan bentuknya kue, bukan sup,,ya sudah siyh!).

Nah, itulah awal mula di temukannya kue Tiramisu, dan terus berkembang sampai sekarang.

Tapi dulu namanya belum Tiramisu lowh,,

Dan pada akhirnya menurut Fernando e Tina Rasis dalam bukunya yang berjudul “La Marca Gastronomica”, nama Tiramisu itu sendiri pertama kali di gunakan dari sebuah restoran di Treviso, Venesia sebelah barat laut Pantai Adriatic Itali, yaitu sebuah restauran yang bernama "Le Beccherie" (dulu gw kirain tiramisu itu sejenis makanan dari jepang lowh! Sejenis Sushi gitu,,).

"Tiramisu" itu sendiri berarti “pilihlah aku” (kaya judul lagunya syapaa gitu,,). Dan konon katanya, kata Tiramisu itu berasal dari teriakan-teriakan para wanita penghibur yang sedang menjajakan dirinya di sebuah lokalisasi, yang kebetulan letaknya di lantai atas restaurant Le Becherie tersebut (apakah??).



so,, begitulah sejarah dari kue Tiramisu yang sampai sekarang masih enak rasanya,,

percaya nggak percaya, tergantung anda yang menyikapinya,,


dah ah,, ngomongin kue trus jadi laper niyh,,

makan,,makan,,,makan,,makan,,



-sandie-

Inspired by ma friend,,

"Tiramisu_Annie"

Tidak ada komentar: